Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh peninggian posisi kaki ditinggikan 30 derajat di atas tempat tidur terhadap pengurangan edema kaki pada pasien jantung kongestif di ruangan CVCU RSUP HAM

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh peninggian posisi kaki ditinggikan 30 derajat di atas tempat tidur terhadap pengurangan edema kaki pada pasien jantung kongestif di ruangan CVCU RSUP HAM. Congestive Heart Failur (CHF) adalah berupa kelainan fungsi jantung sehingga jantung tidak mampu memompa darah untuk memenuhi kebutuhan metabolisme jaringan secara abnormal.

Pada pasien jantung terjadi edema kaki yang disebabkan oleh dekompensasi jantung (pada kasus payah jantung) dan bendungan bersifat menyeluruh. Hal ini diakibatkan oleh kegagalan venterikel jantung memopakan darah dengan baik sehingga darah terkumpul pada vena atau kapiler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan pengaruh peninggian posisi kaki 30 derajat diatas tempat tidur terhadap pengurangan edema kaki pada pasien CHF. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembaran observasi pre dan post dan demografi pasien terhadap peninggian posisi kaki.

Penelitian ini dilakukan di RSUP HAM ruangan CVCU dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang dengan diagnosa CHF yang memiliki edema kaki. Desain penelitian One Group Pretest-Postest. Data demografi yang didapat rentang usia 50-59 thn (42,1%), jenis kelamin laki-laki (83,3%), agama Islam (68,4%), tamatan SMA (26,3%), pekerjaan PNS (36,8%). Hasil uji analisis paired t test pre dan post menunjukkan bahwa nilai p: 0.000 (<0.005) yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan peninggian posisi kaki 30 derajat diatas tempat tidur.

Saran penelitian adalah memberikan pengetahuan kepada perawat khususnya perawat yang bekerja diruangan CVCU agar dapat memberikan terapi peninggian posisi kaki 30 derajat diatas tempat tidur kepada pasien jantung kongestif yang mengalami edema kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar