Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Karakteristik Gejala Dysmenorrhea dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswi S1 Keperawatan Kelas Ekstensi di Fakultas Keperawatan USU

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Karakteristik Gejala Dysmenorrhea dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswi S1 Keperawatan Kelas Ekstensi di Fakultas Keperawatan USU. Dysmenorrhea adalah nyeri saat menstruasi yang terjadi pada perut bagian bawah yang terasa seperti kram yang dimulai saat menstruasi datang sehingga dapat menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari.

Wanita yang mengalami dysmenorrhea mempunyai tingkat gejala nyeri yang berbeda-beda pada setiap wanita yang mengalaminya mulai dari gejala nyeri dysmenorrhea ringan sampai berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik gejala dysmenorrhea dan pengaruh terhadap aktifitas belajar mahasiswi S1 keperawatan kelas ekstensi di Fakultas Keperawatan USU. Desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah responden 42 orang. Pengumpulan data dimulai dari bulan Juli-Agustus 2010 di Fakultas Keperawatan USU.

Data diperoleh dengan membagikan lembar kuesioner kepada 42 orang responden. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa karakteristik gejala dysmenorrhea yang dialami responden yang paling besar dysmenorrhea sedang sebanyak 23 orang (54,8%), sedangkan responden yang mengalami dysmenorrhea berat hanya 5 orang (11,9%). Untuk hasil penelitian terhadap aktivitas belajar responden yang mengalami dysmenorrhea dengan kriteria terbesar berada pada aktivitas belajar kategori terganggu sebanyak 30 orang (71,4%), sedangkan aktivitas belajar kategori tidak terganggu sedikit yaitu 2 orang (4,8%).

Analisa pengaruh karakteristik gejala dysmenorrhea terhadap aktivitas belajar mahasiswi diuji dengan korelasi Spearman dengan hasil p value 0,816 (p>α) yang berarti tidak ada pengaruh kerakteristik gejala dysmenorrhea dengan aktivitas belajar mahasiswi. Perawat dan sebagai pendidik di Fakultas Keperawatan USU memahami bahwa dysmenorrhea yang dialami dapat juga mempengaruhi aktivitas belajar mahasiswi dan dapat mempertimbangkan kondisi mahasiswi yang sedang mengalami dysmenorrhea dalam proses belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar