Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Gambaran Golongan darah ABO dan Rhesus Pada Siswa SMA Negeri 1 Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gambaran Golongan darah ABO dan Rhesus Pada Siswa SMA Negeri 1 Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Golongan darah merupakan ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Golongan darah ditentukan oleh jumlah zat (kemudian disebut antigen) yang terkandung di dalam sel darah merah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran golongan darah ABO dan Rhesus pada siswa SMA Negeri 1 Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Desain penelitian yang digunakan bersifat deskriptif yaitu dengan pendekatan studi survei pada siswa SMA negeri 1 Teluk Dalam. Metode pengambilan sampel yaitu probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pengukuran secara biofisiologis dengan instrument In-Vitro.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa golongan darah O sebanyak 63 orang (78, 75%), golongan darah B sebanyak 14 orang (17, 50%), golongan darah A sebanyak 3 orang (3, 75%) dan seluruh responden dengan jumlah 80 (delapan puluh) orang tersebut memiliki golongan darah rhesus positip.

Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa golongan darah yang paling banyak adalah golongan darah O dan seluruh responden memiliki rhesus positip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar