Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan Toilet Training Terhadap Kemampuan Anak Dalam Melakukan Eliminasi

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Toilet Training Terhadap Kemampuan Anak Dalam Melakukan Eliminasi. Toilet Training adalah usaha untuk melatih anak dalam buang air kecil dan buang air besar dapat dilakukan dengan cara memberikan contoh dan menirukannya secara benar. Dampak yang mempengaruhi toilet training pada anak adalah kesiapan fisik anak dan kemampuan anak dalam eliminasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan toilet training terhadap kemampuan anak dalam melakukan eliminasi di Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia Tahun 2010. Jenis penelitian deskriptif korelasi. Dengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 37 orang ibu yang mempunyai anak batita berpatisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai bulan Juli Tahun 2010.

Analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toilet training yang dilakukan pada anak sebagian besar masih dalam kategori kurang yaitu 15 orang (40,5%), sebagian besar anak yang mampu melakukan eliminasi sebanyak 22 orang (59,5%). Hasil uji Chi-square diperoleh nilai X2 hitung 7,200 (p = 0,027).

Hal ini bermakna ada hubungan yang signifikan antara toilet training dengan kemampuan anak dalam melakukan eliminasi. Untuk itu di sarankan bagi para orangtua yang mempunyai anak batita agar lebih mempersiapkan fisik anak dan memiliki kesabaran dalam memberikan contoh dan dukungan agar anak dapat melakukan toilet training secara mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar