Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Gambaran Tingkat Kecemasan Ibu Primipara dan Multipara dalam Menghadapi Proses Persalinan di Klinik Bersalin Mariani dan Risna

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gambaran Tingkat Kecemasan Ibu Primipara dan Multipara dalam Menghadapi Proses Persalinan di Klinik Bersalin Mariani dan Risna. Kecemasan merupakan perasaan was-was, khawatir, atau tidak nyaman seakan-akan terjadi sesuatu yang dirasakan sebagai ancaman. Semua wanita yang mau melahirkan baik primipara maupun multipara mempunyai pengalaman peristiwa kecemasan dalam menghadapi persalinan.

Beberapa wanita akan menyambut kelahiran anaknya dengan gembira. Di samping itu, ada yang menyambutnya dengan rasa cemas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan ibu primipara dan multipara dalam menghadapi proses persalinan. Desain penelitian adalah deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 48 orang. Metode pengambilan sampel yang dipilih adalah convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 responden yaitu 21 ibu primipara dan 21 ibu multipara.

Alat pengumpulan data berupa instrumen dalam bentuk kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu primipara mengalami kecemasan sedang dalam menghadapi proses persalinan dan ibu multipara mengalami kecemasan ringan dalam menghadapi proses persalinan. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai tingkat kecemasan ibu primipara dan multipara dalam menghadapi proses persalinan.

Disamping itu, diharapkan pelayanan kesehatan memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu primipara dan multipara tentang proses persalinan tersebut sehingga dapat mengurangi kecemasan ibu dalam menghadapi proses persalinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar