Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan antara Pengetahuan dengan Cara Pencegahan Hipertensi pada Lansia di Kecamatan Medan Johor

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan antara Pengetahuan dengan Cara Pencegahan Hipertensi pada Lansia di Kecamatan Medan Johor. Hipertensi adalah salah satu penyakit degeneratif yang banyak dialami lansia, yaitu terjadinya peningkatan secara abnormal dan terus menerus tekanan darah yang disebabkan satu atau beberapa faktor yang tidak berjalan sebagaimana mestinya dalam mempertahankan tekanan darah secara normal.

Lansia yang kurang pengetahuannya mengenai hipertensi dan upaya yang kurang tepat mempunyai risiko lebih tinggi terjadinya penyakit kardiovaskular. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan tindakan pencegahan yang dilakukan lansia serta mengidentifikasi hubungan pengetahuan terhadap tindakan pencegahan yang dilakukan lansia di Kecamatan Medan Johor. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan sampel sebanyak 88 orang lansia berusia diatas 60 tahun yang berada di Kecamatan Medan Johor, berdasarkan tabel Population Correlation Coeffition pada tingkat signifikansi (α) = 0.05, power (β) = 0.80 dan efek size (γ) = 0.30.

Kriteria sampel yaitu responden yang tidak mengalami gangguan pendengaran, bisa berbahasa Indonesia, pernah mengalami hipertensi atau penyakit kardiovaskular atau gejala-gejala hipertensi, pernah memeriksakan tekanan darah dan bersedia menjadi responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling dengan instrument menggunakan kuisioner. Metode analisa menggunakan analisa deskriptif dengan frekuensi dan persentase, dan analisa korelasi menggunakan koefisien korelasi Spearmen’s Rho.

Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa mayoritas usia responden berada antara 60-74 tahun (85.2%), berjenis kelamin perempuan (70.5%), pekerjaan ibu rumah tangga/ tidak bekerja (40.9%), pendapatan < 800 ribu rupiah (62.5%), pendidikan SD/ Sederajat (35.2%), dan mayoritas responden berasal dari suku Jawa (42.0%). Dan diketahui bahwa tingkat pengetahuan lansia di Kecamatan Medan Johor baik (69.3%) dengan tindakan pencegahan baik sebesar 75%.

Dari hasil analisa koefisien korelasi Spearmen’s Rho didapatkan nilai korelasi (ρ) 0.367 yang artinya korelasi lemah dengan nilai signifikansi (p) 0.000 yang artinya hipotesis alternatif diterima. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan cara pencegahan hipertensi pada lansia di Kecamatan Medan Johor. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti faktor lain seperti dukungan keluarga dalam mempengaruhi cara pencegahan dan memperhatikan bias yang muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar