Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pasien Diabetes Mellitus Melakukan Pemeriksaan Mata Retinopati Diabetik Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pasien Diabetes Mellitus Melakukan Pemeriksaan Mata Retinopati Diabetik Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. Diabetes Melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemi yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya.

Faktor – faktor yang mempengaruhi pasien Dabetes Mellitus melakukan pemeriksaan mata dengan Retinopati Diabetik meliputi faktor tingkat pengetahuan, faktor status ekonomi, faktor persepsi, dan faktor fasilitas pelayanan kesehatan.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi pasien Diabetes Melitus melakukan pameriksaan Retinopati Diabetik di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP H. Adam Malik Medan.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Besar sampel adalah 82 orang dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisa data menggunakan statistik deskriptif. Menggunakan uji reliablitas dengan nilai 0,7 dan uji validitas kepada dosen yang berkompeten dibidang endokrin.

Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor tertinggi adalah faktor tingkat pengetahuan 31,60% dan faktor terendah adalah faktor ekonomi 18,90%. Untuk itu disarankan pada perawat agar dapat memberikan asuhan keperawatan yang optimal pada pasien diabetes mellitus. Hal ini dapat dilakukannya penyuluhan peningkatan pengetahuan lebih lagi tentang pengetahuan diabetes melitus dan pencegahan komplikasi yang dapat disebabkan oleh diabetes mellitus.

Karakteristik responden mayoritas berusia >50 tahun, mayoritas pendidikan SD, dengan mayoritas suku lain – lain dan pendapatan mayoritas < Rp 1.000.000,00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar