Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Karakteristik Gejala Dysmenorrhea dan Hubungannya dengan Aktivitas Kerja Perawat Wanita di Rumah Sakit Umum Daerah Langsa

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Karakteristik Gejala Dysmenorrhea dan Hubungannya dengan Aktivitas Kerja Perawat Wanita di Rumah Sakit Umum Daerah Langsa. Dysmenorrhea adalah nyeri haid yang disebabkan oleh kejangnya otot uterus, dari penyebab nyerinya dysmenorrhea di bagi menjadi dua yaitu dysmenorrhea primer dan sekunder dan pada waktu tertentu dysmenorrhea sangat mengganggu aktivitas seorang wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana pengaruh karakteristik gejala dysmenorrhea terhadap aktivitas kerja perawat wanita di RSUD Langsa.

Penelitian ini dilakukan pada bulan juli sampai Desember 2010 dengan menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dan teknik pengambilan sampel yaitu convinen sampling, sehingga mendapatkan 36 orang perawat sebagai sampel. Hasil penelitian di uji dengan menggunakan program komputer dengan analisa deskriptif dan uji korelasi Spearman untuk mengetahui pengaruh karakteristik gejala dysmenorrhea terhadap aktivitas kerja perawat. Hasil analisanya didapatkan besar korelasi (r) antara kedua variabel adalah r 0,136 dengan p-valuenya adalah 0,43. Dengan kemaknaan yang digunakan (α) adalah 0,05. Ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara karakteristik gejala dysmenorrhea dengan aktivitas kerja perawat wanita.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami gangguan pada aktifitas kerjanya, namun hanya sedikit sekali yang sangat terganggu, hal ini disebabkan karena dysmenorrhea yang diderita sebagian kecil reponden tadi adalah dysmenorrhea yang bersifat primer. Pada wanita yang mengalami dysmennorrhea primer dapat terjadi nyeri yang sangat menganggu (sangat nyeri), biasanya terjadi pada saat menarche. Untuk itu diharapkan perawat mengenali karakteristik gejala dysmenorrhea yang dialaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar