Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Memilih Pengobatan Alternatif Akupunktur

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Memilih Pengobatan Alternatif Akupunktur. Saat ini penggunaan pengobatan alternatif semakin banyak diminati, salah satu diantaranya adalah pengobatan alternatif akupunktur.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih pengobatan alternatif yaitu faktor sosial, faktor ekonomi, faktor budaya, faktor psikologis, faktor kejenuhan terhadap pelayanan medis/pengobatan konvensional, faktor manfaat dan keberhasilan, faktor pengetahuan, dan persepsi tentang sakit dan penyakit.

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat memilih pengobatan alternatif akupunktur di Kota Medan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif eksploratif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling di klinik akupunktur Medistra Medan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi 32 pernyataan dilakukan pada tanggal 18 Januari 2010-28 Februari 2010. Hasil penelitian berdasarkan karakteristik responden menunjukkan mayoritas responden berumur 38-58 tahun (70%), pendidikan terakhir perguruan tinggi (42%), suku Batak (36%), agama Islam (94%), pekerjaan ibu rumah tangga/IRT (36%), penghasilan perbulan > Rp.2.000.000 (52%), dan mayoritas penyakit yang diderita pasca stroke (26%). Adapun faktor tertinggi yang mempengaruhi masyarakat memilih pengobatan alternatif akupunktur di kota Medan adalah faktor pengetahuan dengan nilai mean 8,42 dan SD 1,39 yang juga terkait dengan tingkat pendidikan masyarakat.

Tingginya faktor pengetahuan disebabkan masyarakat mengetahui manfaat pengobatan akupunktur yang terbukti melalui banyak penelitian ilmiah. Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar meneliti lebih lanjut faktor pengetahuan yang mempengaruhi dalam pemilihan akupunktur dengan menggunakan metode penelitian multiple regresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar