Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Perubahan TD, HR, RR Ibu Kala Persalinan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Perubahan TD, HR, RR Ibu Kala . Tanda vital merupakan gabungan dua kata, yaitu tanda dan vital, yang merupakan terjemahan istilah bahasa inggris yaitu vital sign. Vital sign adalah suatu tanda yang sifatnya objektif yang dapat berubah setiap saat yang mencerminkan hidup yang terdiri dari tekanan darah, respirasi, nadi, dan suhu tubuh.

Perubahan tanda vital dapat mengidentifikasi kebutuhan untuk dilakukan intervensi keperawatan dan medis. Pengukuran tanda-tanda vital yang periodik merupakan cara yang cepat dan efesien untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan fisik dan mengevaluasi respon terhadap intervensi keperawatan dan medis yang dilakukan.

Pada semua kasus, termasuk persalinan pengukuran tandatanda vital adalah mencakup pengukuran tekanan darah, nadi, suhu tubuh, dan pernapasan Desain yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan pra-paska tes dalam 2 group (two group pratest-posttest design) yaitu rancangan yang berupaya mengungkap hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan dua kelompok eksperimen (Nursalam, 2003).

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh aromaterapi terhadap perubahan tekanan darah, denyut nadi, pernapasan ibu persalinan kala I. Pada penelitian ini aromaterapi yang diberikan yaitu lavender dengan menggunakan tissue. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan TD, HR, dan penurunan RR pada kelompok kontrol sedangkan pada kelompok perlakuan TD, HR mengalami penurunan dan RR mengalami peningkatan.

Dimana rata-rata TD sistole kontrol pada keseluruhan kontraksi adalah 119,33 dan rata-rata TD sistole perlakuan pada keseluruhan intervensi adalah 113,90. Rata-rata TD diastole kontrol pada keseluruhan kontraksi adalah 74,1 TD diastole perlakuan pada keseluruhan kontraksi adalah 74,00.

Rata-rata HR kontrol pada keseluruhan kontraksi adalah 73,33 dan rata-rata HR perlakuan pada keseluruhan kontraksi adalah 70,28. Rata-rata RR kontrol pada keseluruhan kontraksi adalah 15,61 dan RR perlakuan pada keseluruhan kontraksi adalah 16,95. Hasil penelitian ini juga memberi masukan bagi institusi keperawatan untuk asuhan keperawatan ibu bersalin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar