Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan Kegiatan Keagamaan dengan Adaptasi Psikososial Wanita Menopause yang Beragama Islam di Kelurahan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Kegiatan Keagamaan dengan Adaptasi Psikososial Wanita Menopause yang Beragama Islam di Kelurahan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal. Menopause adalah berhentinya pola siklus menstruasi pada wanita. Ketika memasuki usia menopause, seorang wanita akan mengalami perubahan yang meliputi aspek fisik maupun psikologis.

Perubahan-perubahan pada masa menopause akan mendorong seorang wanita untuk beradaptasi terhadap lingkungan psikososialnya, salah satu cara yang digunakan adalah dengan medekatkan diri kepada Tuhan melalui kegiatan keagamaan. Penelitian deskriptif korelasi ini, melibatkan 32 orang responden di Kelurahan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa 50% wanita menopause berada pada tingkat keagamaan tinggi, 34.4% sedang dan 15.6% rendah.

Sementara itu 84.4% wanita menopause berada pada kategori adaptasi psikososial positif dan 15.6% negatif. Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan berhubungan secara negatif dengan adaptasi psikososial wanita menopause (r = −0.131). Hasil analisa hubungan kedua variabel tersebut tidak memiliki nilai signifikansi yang dapat diterima, dimana p > 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa penelitian ditolak, artinya bahwa pernyataan hipotesa adanya hubungan kegiatan keagamaan dengan adaptasi psikososial wanita menopause tidak dapat diterima.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor sosial, budaya, pendidikan, lingkungan dan pengetahuan tentang menopause itu sendiri. Adaptasi seseorang terhadap stress melibatkan totalitas seseorang yang juga menyangkut dimensi fisik, perkembangan, emosional dan sosial sebagai satu-kesatuan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perawat untuk memberi informasi yang benar dan mendukung wanita menopause.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar