Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dalam suatu proses belajar mengajar. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang. Dalam penelitian ini hanya ditekankan pada faktor motivasi berprestasi dan gaya belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan gaya belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar.

Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program profesi ners Fakultas Keperawatan USU yang berjumlah 85 orang. Sedangkan sample penelitian diambil dengan quota sampling yaitu sebesar 62 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasi. Instrumen penelitian berbentuk angket dengan skala Likert.

Data penelitian dianalisa dengan korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar melalui persamaan garis regresi Y= 2,508+0,008X1, dengan konstribusi sebesar 14,2%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan prestasi belajar melalui persamaan garis regresi Y= 2,544+0,031X2, dengan konstribusi sebesar 10,7%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara motivasi berprestasi, gaya belajar, dan prestasi belajar, melalui persamaan garis regresi Y=2,178+ 0,007 + 0,024 dengan Freg Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Gaya Belajar, Prestasi Belajar = 10,728 dan konstribusi sebesar 26,7%;

Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar dapat dioptimalkan melalui upaya peningkatan motivasi berprestasi dan pengenalan gaya belajar serta dilakukan pelatihan strategi belajar mengajar untuk para dosen agar dapat membantu meningkatkan motivasi mahasiswa dan menyesuaikan cara mengajar dengan gaya belajar mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar