Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh Dukungan Sosial Suami terhadap Kecemasan Istri Menghadapi Masa Menopause di Kecamatan Medan Sunggal

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Dukungan Sosial Suami terhadap Kecemasan Istri Menghadapi Masa Menopause di Kecamatan Medan Sunggal. Wanita yang memasuki masa menopause akan mengalami perubahan fisik dan perubahan psikologis yang dapat mempengaruhi kualitas hidup wanita tersebut dengan timbulnya kecemasan, dengan adanya dukungan sosial yang diberikan terutama oleh suami maka akan menimbulkan ketenangan batin, perasaan senang dalam diri, aman, nyaman sehingga dapat mengurangi kecemasan wanita tersebut.

Penelitian deskriptif korelasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dukungan sosial suami terhadap istri dalam menghadapi masa menopause, mengidentifikasi tingkat kecemasan istri dalam menghadapi masa menopause, dan mengidentifikasi pengaruh dukungan sosial suami terhadap kecemasan istri menghadapi masa menopause. Responden berjumlah 98 orang wanita menopause yang berdomisili di Kecamatan Medan Sunggal. Pengumpulan data berlangsung mulai tanggal 15 Januari-28 Februari 2010.

Dari uji koefisien korelasi Spearmen’s/Correlations Spearman’s Rho didapat nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan ada pengaruh yang bermakna antara dukungan sosial suami terhadap kecemasan istri menghadapi masa menopause. Kekuatan korelasi (r) = -0,535 yang mengidentifikasikan kekuatan hubungan dukungan sosial suami terhadap kecemasan istri menghadapi masa menopause dalam kategori sedang.

Dengan arah korelasi (-) dan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial suami akan semakin rendah kecemasan istri menghadapi masa menopause. Peneliti berharap agar penelitian ini dapat berguna khususnya bagi keperawatan maternitas dan keperawatan komunitas guna sebagai informasi dan masukan untuk meningkatkan pelayanan asuhan keperawatan dalam hal memberikan pendidikan kesehatan kepada wanita menopause.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar