Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh Terapi Bermain Dengan Teknik Bercerita Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Ruang Perawatan RSUP H Adam Malik Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Terapi Bermain Dengan Teknik Bercerita Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Ruang Perawatan RSUP H Adam Malik Medan. Kecemasan adalah suatu keadaan perasaan keprihatinan, rasa gelisah, ketidaktentuan, atau takut dari kenyataan atau persepsi ancaman sumber aktual yang tidak diketahui atau dikenal. Setiap anak yang di hospitalisasi akan menimbulkan perasaan yang tidak aman seperti lingkungan asing, berpisah dari orangtua, kurang informasi, kehilangan kebebasan dan kemandirian. Salah satu dari Terapi bermain adalah bercerita.

Bercerita adalah tehnik yang efektif dalam mengalihkan perhatian anak dari keadaan cemas. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh terapi bermain dengan tehnik becerita terhadap kecemasan akibat hospitalisasi pada anak prasekolah dengan menggunakan Pre eksperimen yang dilakukan pada 13 orang pada bulan Juli sampai Agustus 2010 .

Analisa data dilakukan dengan uji statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 92,3% responden mengalami kecemasan sedang dan 7,7% mengalami kecemasan berat dan tidak ada pasien yang mengalami kecemasan ringan sebelum pelaksanaan treatment (Terapi bermain dengan tehnik bercerita). Setelah pelaksanaan terapi bermain dengan tehnik bercerita 76,9% responden mengalami kecemasan ringan dan 23,1% kecemasan sedang.

Penelitian ini menunjukkan bahwa terapi bermain dengan tehnik bercerita mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menurunkan kecemasan anak prasekolah (p=0,001; α=0,05). Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah ditujukan kepada perawat anak agar dapat menerapkan terapi bermain dengan tehnik bercerita yang berpengaruh dalam menurunkan kecemasan pada anak prasekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar