Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Pada Lanjut Usia di Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Pada Lanjut Usia di Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia. Spiritual adalah keyakinan berupa upaya multi dimensi untuk mempertahankan keharmonisan atau keselarasan dengan dunia luar, berjuang untuk menjawab atau mendapatkan kekuatan ketika sedang menghadapi stress emosional, penyakit fisik atau kematian.

Menurut Undang-Undang No.13 Tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia menyatakan bahwa lanjut usia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemenuhan kebutuhan Spiritual pada lanjut usia di kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan besar sampel 31 orang dengan metode pengambilan sampel Purposive sampling, instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang disusun dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan pada tangal 26 Januari – 9 Februari 2010. Karakteristik responden dan gambaran pemenuhan kebutuhan Spiritual lansia dideskripsikan dengan analisa deskriptif untuk mengetahui frekuensi dan persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan, karakteristik responden wanita 74,2%, usia 60-69 tahun 61,3%, agama Islam 87,1%, pendidikan SD 54,8%, pekerjaan wiraswasta 58,1%.

Pemenuhan Spiritual lansia adalah cukup baik (19 orang, 61,3%), lansia yang mengatakan baik (10 orang, 32,3%), dan kurang baik (2 orang, 6,5%). Untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhaan Spiritual pada lansia diharapkan bagi semua pihak baik keluarga, pelayan kesehatan di Kelurahan Tanjung Gusta memahami kebutuhan spiritual lansia berupa perlunya lansia berekreasi, mengajak lansia untuk dapat melakukan hobinya, mengajak lansia untuk dapat bergabung dengan teman sebayanya, dan menghimbau lansia untuk menyediakan waktu menenangkan diri ketika memiliki masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar