Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Tingkat Pengetahuan Pasien Diabetes Melitus tentang Komplikasi Diabetes Melitus di RSUP Haji Adam Malik Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Tingkat Pengetahuan Pasien Diabetes Melitus tentang Komplikasi Diabetes Melitus di RSUP Haji Adam Malik Medan. Diabetes melitus merupakan suatu penyakit tidak menular yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disertai ketidaknormalan metabolisme karbohidrat. Diabetes melitus merupakan penyebab kematian keempat terbesar di dunia.

Diabetes melitus juga menyebabkan komplikais akut dan kronik yang juga dapat menyebabkan kematian. Peningkatan komplikasi dipengaruhi oleh Pengetahuan, umur, obesitas dan kebiasaan hidup yang kurang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan pasien diabetes melitus tentang komplikasi diabetes melitus di RSUP Haji Adam Malik Medan pada tanggal 11 Februari sampai dengan 11 Maret 2010.

Disain yang digunakan dalam penelitian ini dalah deskriptif. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 65 orang. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa responden mayoritas berusia (46 -60 tahun (n= 40 atau 61,70 %). Berdasarkan lama menderita diabetes melitus mayoritas responden menderita diabetes 0-5 tahun.

Berdasarkan jenis kelamin mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki (n= 37 atau 56,9 %). Berdasarkan tingkat pendidikan mayoritas responden berpendidikan SMA (n=38 atau 58,5%) Berdasarkan jenis pekerjaan mayoritas responden berwiraswasta (n=27 atau 41,5%). Tingkat pengetahuan pasien tentang komplikasi diabetes melitus mayoritas pengetahuan pasien dikategorikan cukup dengan 45 responden (69,23%).

Dari hasil penelitian ini diharapkan ada penelitian lanjutan yang membahas faktor lain selain pengetahuan yang berhubungan dengan diabetes dan komplikasi diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar