Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan dengan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Perubahan Fisik dan Psikososial Pada Masa Pubertas di SMU Negeri 2 Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan dengan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Perubahan Fisik dan Psikososial Pada Masa Pubertas di SMU Negeri 2 Medan. Masa remaja merupakan masa dimana banyak terjadi perubahan-perubahan diantaranya perubahan fisik dan psikososial. Masa ini tidak hanya menjanjikan kesempatan untuk maju menuju kehidupan yang berhasil di masa depan tetapi juga menawarkan risiko terpaparnya masalah kesehatan.

Pengetahuan yang terbentuk dalam diri individu dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pendidikan, pengalaman dan sumber informasi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dengan tingkat pengetahuan remaja tentang perubahan fisik dan psikososial pada masa pubertas di SMU Negeri 2 Medan dengan menggunakan desain deskripsi korelasi.

Sampel diambil dari siswa siswi SMU Negeri 2 Medan sebanyak 102 orang dimana sampel dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu kelas 1, 2 dan 3 dengan masing-masing 34 orang. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus 10-20% bila populasi lebih dari 1000. Sampel diambil dengan teknik stratified random sampling. Untuk menganalisa hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dengan tingkat pengetahuan remaja tentang perubahan fisik dan psikososial pada masa pubertas digunakan metode analisis korelasi regresi linear ganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 10.0.

Hasil analisis regresi linier ganda dengan metode backward menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan (pendidikan, pengalaman dan sumber informasi) berhubungan secara keseluruhan dengan tingkat pengetahuan remaja tentang perubahan fisik dan psikososial pada masa pubertas di SMU Negeri 2 Medan dengan nilai signifikan p adalah 0.024 dikatakan signifikan bila nilai p < 0.05 dan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.303, hal ini mengartikan bahwa hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dengan tingkat pengetahuan remaja tentang perubahan fisik dan psikososial pada masa pubertas positif dengan interpretasi memadai. Penelitian ini dapat menjadi masukan untuk meneliti pengaruh pendidikan, pengalaman dan sumber informasi terhadap pengetahuan remaja tentang perubahan-perubahan pada masa pubertas diharapkan responden dapat diambil dari SMU lain sehingga lebih representatif mewakili karakteristik remaja kota Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar