Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kemampuan Ibu Merawat Bayi Baru Lahir Selama Postpartum Dini di Klinik Bersalin Mariani Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kemampuan Ibu Merawat Bayi Baru Lahir Selama Postpartum Dini di Klinik Bersalin Mariani Medan. Periode postpartum dini atau early postpartum period merupakan periode penting untuk memberikan ibu dan pasangannya informasi dan pelatihan khusus selama masa transisi awal merawat bayinya.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan tingkat pengetahuan dengan kemampuan ibu merawat bayi baru lahir selama postpartum dini di Klinik Bersalin Mariani yang dilakukan pada tanggal 12 Januari-25 Februari 2010 dan melibatkan 22 orang ibu postpartum.

Desain yang digunakan deskriptif korelasi dengan pengambilan sampel totally sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner data demografi, kuesioner tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan bayi baru lahir selama postpartum dini dan lembar observasi kemampuan ibu merawat bayi baru lahir selama postpartum dini.

Hasil penelitian diuji dengan descriptive analysis dan menunjukkan tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan bayi baru lahir selama postpartum dini mayoritas dalam kategori baik sebanyak 13 orang (59,1%), dan kemampuan ibu merawat bayi baru lahir selama postpartum dini dalam kategori kemampuan tinggi sebanyak 8 orang (36,4%), kemampuan sedang sebanyak 5 orang (22,7%), dan kemampuan minimal sebanyak 9 orang (40,9%).

Dari uji koefisien korelasi Spearmen’s didapat nilai p sebesar 0,023 (p<0,05) yang menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kemampuan ibu merawat bayi baru lahir selama postpartum dini, kekuatan korelasi (r) = 0,483 yang mengidentifikasikan bahwa kekuatan hubungan dalam kategori sedang dan arah korelasi (+) yang artinya semakin besar nilai tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan bayi baru lahir, maka semakin besar pula nilai kemampuan ibu merawat bayi baru lahir selama postpartum dini. Perlu dilakukan penelitian selanjutnya untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan ibu primigravida dengan multigravida dalam merawat bayi baru lahir selama postpartum dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar