Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Peranan Kader Posyandu Dan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Balita Di Posyandu Kelurahan Binjai Estate Kota Binjai

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Peranan Kader Posyandu Dan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Balita Di Posyandu Kelurahan Binjai Estate Kota Binjai. Posyandu adalah pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian norma keluarga kecil bahagia sejahtera.

Peranan kader posyandu dalam penelitian ini yaitu memberikan pelayanan yang memuaskan, menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan, melakukan penimbangan bayi, memeriksa dan mengisi mengisi kartu KMS, membantu tim puskesmas dalam memberikan imunisasi balita. Pengetahuan ibu tentang imunisasi dipengaruhi oleh faktor umur, pendidikan, dan sumber informasi. Ibu berperan menentukan gejala-gejala dan memutuskan pencarian sumber-sumber yang penting. Ia juga mempunyai kontrol substansial terhadap kepuasan apakah anaknya akan mendapatkan layanan kuratif atau preventif dan bertindak sebagai sumber ketenegaan dan bantuan pada masa-masa sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peranan kader posyandu dan pengetahuan ibu tentang imunisasi balita di posyandu Kelurahan Binjai Estate Kota Binjai.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif, sample diambil dengan metode random sampling dan instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan berpedoman pada kuisioner dan data diolah dengan sistem komputerisasi dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase. Dari penelitian diperoleh peranan kader posyandu baik 31 orang (88,6 %), peranan kader posyandu cukup baik 4 orang (11,4 %), dan pengetahuan ibu tentang imunisasi balita baik 27 orang (77,1 %), pengetahuan ibu tentang imunisasi balita cukup baik 8 orang (22,9 %).

Tidak ada peranan kader posyandu dan pengetahuan ibu tentang imunisasi balita kurang baik. Peran aktif kader posyandu sangat mempengaruhi pengetahuan ibu tentang imunisasi, namun tetap perlu adanya kerja sama antara kader posyandu dengan ibu untuk dapat meningkatkan kesehatan pada balita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar