Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Praoperasi Terhadap Tanda Vital Pasien di RSUP. H. Adam Malik Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Praoperasi Terhadap Tanda Vital Pasien di RSUP. H. Adam Malik Medan. Pendidikan kesehatan adalah hal yang sangat penting diberikan pada pasien yang akan menjalani tindakan operasi. Pemberian pendidikan kesehatan praoperasi berkaitan dengan kesiapan dan ketenangan pasien dalam menerima proses dan hasil operasi.

Desain penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan one-group pre-post test design yang bertujuan untuk mengidentifikasi tanda vital pasien praoperasi. Jumlah sampel 30 orang dengan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum perlakuan, pemeriksaan tanda vital untuk tekanan darah terdapat sebanyak 33,3% memiliki sistolik yang tidak normal dan 13,3 memiliki diastolik yang tidak normal. Setelah perlakuan maka diperoleh hasil sebanyak 83,3% memiliki sistolik yang normal dan 96,7% memiliki diastolik yang normal.

Pada pemeriksaan denyut nadi sebelum perlakuan terdapat 3,3% yang memiliki pola denyut nadi yang tidak normal dan setelah perlakuan, seluruh responden memiliki pola denyut nadi yang normal. Pada pemeriksaan pernapasan, sebelum diberikan perlakuan 26,7% memiliki pola pernapasan yang tidak normal, setelah perlakuan didapat bahwa 90% responden memiliki pola pernapasan yang normal. Hasil diuji dengan Paired Sample t-test, diperoleh ρ (2-tailed) untuk tekanan darah=0,002, untuk denyut nadi=0,001 dan pernapasan=0,000 dengan α=0,05.

Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa penelitian Ha diterima (gagal ditolak) yang berarti ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap tanda vital pasien praoperasi. Oleh karena itu disarankan sebelum menjalani tindakan operasi, pasien harus diberikan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kesiapan dan kenyamanan pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar