Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan Dukungan Keluarga dengan Respon Cemas Anak Usia Sekolah terhadap Pemasangan Intravena di Rumah Sakit Advent Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Dukungan Keluarga dengan Respon Cemas Anak Usia Sekolah terhadap Pemasangan Intravena di Rumah Sakit Advent Medan. Seorang anak bila menghadapi lingkungan yang baru dikenal akan mengalami perasaan takut dan cemas apalagi saat menghadapi tindakan invasif seperti pemasangan intravena di rumah sakit.

Cemas membuat individu merasa lemah sehingga tidak berani dan mampu untuk bersikap dan bertindak secara rasional sesuai dengan yang seharusnya. Mengatasi respon cemas tersebut dibutuhkan dukungan dari keluarga sebagai sumber dukungan sosial paling tinggi untuk meredakan tekanan yang dirasakan anak. Penelitian deskriptif korelatif ini bertujuan mengidentifikasi hubungan dukungan keluarga dengan respon cemas anak usia sekolah terhadap pemasangan intravena.

Responden berjumlah 32 orang yang merupakan keluarga dan pasien anak dengan pemasangan intravena di Rumah Sakit Advent Medan. Pengumpulan data berlangsung mulai bulan Januari sampai Maret 2010. Proses pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner menggunakan metode wawancara. Uji korelasi yang digunakan adalah Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif antara dukungan keluarga dengan respon cemas anak usia sekolah (r = - 0,458; p = 0,008) dengan interpretasi hubungan sedang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dukungan keluarga dengan respon cemas anak terhadap pemasangan intravena.

Diperlukan perhatian khusus pada pasien anak, bukan hanya pada masalah fisiknya saja, tetapi juga masalah psikologis. Hasil penelitian ini menjadi evidence based bagi perawat ruangan anak agar lebih peka dan memiliki pemahaman pentingnya dukungan keluarga pada setiap intervensi yang akan diberikan khusunya pada pasien anak, sehingga respon cemas dapat dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar