Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Gaya Belajar dan Hasil Belajar Pada Kegiatan Praktikum Mahasiswa Program Reguler Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gaya Belajar dan Hasil Belajar Pada Kegiatan Praktikum Mahasiswa Program Reguler Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Setiap individu memiliki cara yang berbeda dalam memperoleh hasil yang optimal dalam belajar. Salah satu perbedaan tersebut dapat dilihat dari gaya belajar individu. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen berseri yang bertujuan untuk memberikan gambaran gaya belajar dan hasil belajar pada kegiatan praktikum mahasiswa Program Reguler Fakultas Keperawatan USU.

Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April 2010 dengan menggunakan kuisioner yang meliputi data demografi, gaya belajar dan test hasil belajar mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan statistik sederhana dan dideskripsikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar responden memiliki hasil belajar sangat baik yaitu sebanyak 10 orang (33,29%) dan sebagian besar mahasiswa memiliki gaya belajar visual sebanyak 17 orang (56,7%). Responden yang dikategorikan memiliki rata-rata hasil test ujian yang sangat memuaskan disetiap pertemuan memiliki gaya belajar kinestetik dengan hasil (82,6), visual (72,2), audio (74,2).

Hal ini menggambarkan strategi yang digunakan dengan metode pembelajarn di laboratorium dapat menstimulasi gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penyesuaian strategi mengajar dengan gaya belajar mahasiswa berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Oleh karena itu, diharapkan bagi dosen untuk melakukan variasi dalam mengajar tidak hanya menggunakan media visual namun harus dikombinasikan dengan peragaan alat serta tindakan langsung sehingga dapat menstimulasi semua gaya belajar baik visual, audio dan kinestetik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar