Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan Dukungan Keluarga dengan Lama Hari RawatPasien Gangguan Jiwa Peserta JamKesMas di RumahSakit Jiwa Daerah Provsu Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Dukungan Keluarga dengan Lama Hari RawatPasien Gangguan Jiwa Peserta JamKesMas di RumahSakit Jiwa Daerah Provsu Medan. Kecenderungan gangguan jiwa semakin meningkat seiring dengan terus berubahnya situasi ekonomi dan politik kearah tidak menentu, prevalensinya bukan saja pada kalangan menengah kebawah sebagai dampak langsung dari kesulitan ekonomi, tetapi juga kalangan menengah keatas sebagai dampak langsung atau tidak langsung ketidakmampuan individu dalam penyesuaian diri terhadap perubahan sosial yang terus berubah.

Hal ini menuntut pentingnya dukungan keluarga pasien gangguan jiwa Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan lama hari rawat pasien gangguan jiwa peserta JamKesMas, yang berarti bahwa semakin baik dukungan keluarga yang diberikan maka semakin mempersingkat lama hari rawat pasien gangguan jiwa peserta JamKesMas. dalam memotivasi mereka selama perawatan dan pengobatan sehingga memperpendek lama hari rawat pasien gangguan jiwa peserta JamKesMas.

Penelitian deskriptif korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan lama hari rawat pasien gangguan jiwa peserta JamKesMas, dengan menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 32 responden yang ditentukan berdasarkan tabel power analysis berpartisipasi pada penelitian ini. Instrumen penelitian ini terdiri dari kuesioner data demografi, kuesioner dukungan keluarga dan kuesioner lama hari rawat.

Uji korelasi yang digunakan adalah Pearson Product Moments. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan dengan interprestasi hubungan sedang antara dukungan keluarga dengan lama hari rawat pasien gangguan jiwa peserta JamKesMas (r= 0,445; p= 0,011) pada level signifikan (α) = 0,05.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar