Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene pada Pasien Immobilisasi Post Operasi Fraktur di Ruang Rindu B3 Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene pada Pasien Immobilisasi Post Operasi Fraktur di Ruang Rindu B3 Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. Personal hygiene adalah suatu tindakan memelihara kebersihan, kesehatan untuk memperoleh kesejahteraan fisik dan psikologis untuk kenyamanan individu, keamanan, dan kesehatan. Ukuran kebersihan seseorang dalam pemenuhan personal hygiene berbeda pada setiap orang sakit karena terjadi gangguan pemenuhan kebutuhan, begitu pula pada pasien immobilisasi post operasi fraktur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan kebutuhan personal hygiene pada pasien immobilisasi post operasi fraktur yang dilakukan oleh pasien, perawat, keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, menggunakan desain deskriptif, dilakukan pada 06 januari sampai dengan 06 maret 2010. Sampel penelitian sebanyak 42 pasien immobilisasi post operasi fraktur, dengan tehnik purposive sampling.

Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemenuhan kebutuhan personal hygiene sudah terpenuhi untuk perawatan kaki dan kuku yaitu 42 pasien (100%) belum terpenuhi. Hari kedua sampai hari keempat masa rawatan sebagian besar pelaksanaan personal hygiene pasien dilakukan oleh perawat, hari kelima sampai hari ketujuh sebagian besar dilakukan oleh keluarga dan beberapa tindakan personal hygiene sudah dapat dilakukan pasien secara mandiri, hari keenam dan hari ketujuh sebagian besar pelaksanaan personal hygiene sudah dapat dilakukan pasien secara mandiri yaitu higiene mulut dan perawatan mata, hidung, dan telinga yaitu masingmasing sebanyak 42 pasien (100%), perawatan rambut yaitu 10 pasien (23,8%).

Pasien yang mampu melakukan personal hygiene mandiri harus diizinkan untuk melakukannya sendiri. Hal ini penting dilakukan oleh perawat atau keluarga dalam hal meningkatkan kemandirian pasien terutama kebutuhan personal hygiene dan mempercepat proses penyembuhan. Dukungan serta bantuan perawat dan keluarga masih sangat diperlukan oleh pasien walaupun sebagian besar dari mereka sudah dapat melakukannya secara mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar